13 Persiapan dan 6 Cara mudah memandikan bayi baru lahir untuk ibu pemula

iklan terkait

13 Persiapan dan 6 Cara mudah memandikan bayi baru lahir untuk ibu pemula..
Untuk orang tua yang baru di karuniai anak, ada hal-hal yang meang harus diperhatikan dalam merawat si buah hati anda. Tentunya anda yang muda masih belum pengalaman dalam merawat si buah hati. Tapi tidak semuanya tidak tahu mungkin ada beberapa orang tua yang baru mempunyai anak sudah pernah melihat, atau praktek langsung dalam merwat bayi maka teori-te
ori itu bisa kita simpan dan kita praktekkan ketika sudah lahir. Sangat gembira buan ketika anda mempunyai buah hati yang baru lahir. Sungguh itu merupakan nikmat yang tak nilai harganya. Oelh karena itukita harus pandai-pandai merawat dan menjaganya. Di antara tugas ornag tua yang mempunyai beby kecil adalah memandikan.

 Di keluarga kita lihat,  banyak juga para-ibu-ibu muda yang belum berani memandikan setelah lahir si buah hati. Yang karena mereka belum pengalaman.  Tapi jangan kawatir untuk para ibu-ibu yang baru punya anak, aa bberapa tips cara bagaimana kita memandikan si kecil. Berikut ini beberapa pengalaman dan penjelasan dari beberapa referensi buku yang menjelaskan tentang cara memandikan bayi yang bari lahir.
Langakh awal yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan peralatan kamar mandi bayi yaitu : 

a)    Bak air,
b)    Air  hangat.
c)    Sabun khusus bayi
d)    Sampo khusus bayi.
e)    Kapas
f)    Minyak telon
g)    Handuk
h)    Kasa
i)    Sepons
j)    Kaos tangan
k)    Perlak
l)    Pakaian ganti
m)    Popok 

Bagaimana teknik memandikannya?bacalah paparan dibawah ini cara mudah memandikan bayi baru lahir: 

1.    Siapkan perlak dan alat mandi
Perhatikanlah baik-baik, letakkanlah bayi di atas perlak yang sudah ada handuk dibaahnya, lalu lepaskanlah popok taruhlah dengan pakaian kotor. Basahi waslap dengan air hangat lalu mulailah menyeka badan bayi mulai dari leher kebawah. Lakukanlah dengan pelan-pelan dan hati-hatilah. 

2.    Ganti waslap
Lalu gantilah waslap untuk membersihkan yang bagian belakang yaitu dubur dan kemaluan, kenapa dilakukan terpisah? Ya ini untuk menjaga agar tidak tercampur bakteri. Lalu setelah bersih, ganti kembali dengan yang pertama, campuri dengan sabun khusus untuk bayi, lalu  seka kannlah keseluruh tubuh bayi hati-hati jangan sampai terkena mata si kcil. Usahakan semua badan bayi terkena terkadang bagian telapak kaki biasanya terlewati. 

3.    Langkah selanjutny, angkat sikecil dengan sangat hati-hati

Masukkan si kecil kedalam bak yag sudah dikasih air hangat. Gini Cara memasukkan bayi kedalam air, lakukan dengan mengangkat bayi dengan tangankiri (kalau yang biasa tangan kiri) lalu letakkan ibu jari dan jari kelingking untuk menutupi telinga kanan dan kiri. Setelah itu masuk kanlah kedalam bak yang airnya hangat sambil membersihkan sabun-sabun yang ada di badan bayi. 

4.    Usahakan baju ganti sudah tertata di sebelah perlak bayi. Setelah selesei mandi dibak angkatlah bayi lalu selimuti dengan handuk sampai airnya benar-benar sudah hilang. Pakailah minyak telon bayi sambil melihat ada kotoran dalam pusarnya apa tidak kalau kotor maka sege ambil caton bards celupkan di alcohol 70 %s setelah itu bersihkan tali pusarnya dengan hati-hati.  Setelah itu  segera pakaikan minyak telon agar badan bayi langsung hangat Lalu bedakilah dengan bedak bayi.

5.   Pakai bedak Pakaikan bedak dengan merata depan perut dan dan belakanng punggung bayi, ratakanlah!

6.    Jangan biarkan si kecil terlalu lama dengan tanpa busana. Maka cepatlah pakaikan pakaian kepada bayi. Angakat kedua kakinya dengan bayi posisi melemah. Pakaikanlah popok terlebih dahululu lalu pakaiakn bajunya. Jangan lupa sisir rambut sibayi  agar terlihat keren.

Ini beberapa hal tentang bagaimana mmandikan bayi yang baru lahir dengan mudah, yang bisa kita share dari beberapa buku, artikel, dan majalah. Semoga bermanfaaat.

Related Posts:

0 Response to "13 Persiapan dan 6 Cara mudah memandikan bayi baru lahir untuk ibu pemula"

Posting Komentar