Solusi Merawat Bayi Anda

Kamis, 25 Mei 2017

5 Cara Membersihkan/ Menseterilkan Botol atau Dot Susu Pada Bayi
5 Cara Membersihkan/ Menseterilkan Botol atau Dot Susu Pada Bayi..

Sudah menjadi keharusan bagi orang tua mengenai kebersihan peralatan unutk menyusui dengan dot atau botol. Walaupun ada beberapa perbedaan pendapat dalam hal ini tapi tidak ada salahnya jika kita sebgai orang tua tetap memperhatikan kebersihan lingkungan terutama dalam masalah menyusui yaitu, membersihkan botol/ dot susu sebelum dipakai, atau di isi dengan air susu. Sehingga dengan itu orang tua harus mempertimbangkan masalah ini.

Ada juga yang berpendapat  tidak perlu menseterilkan perlatan menyusui seperti dot/botol susu dan yang lainnya. Karena ada beberapa bakteri yang memainkan peran penting dalam sistem imun bayi dan sel ini bisa melawan infeksi, akan tetapi karena lingkungn yang seteril itu maka sel T pun tidak banyak kuman yang mengaktifkan sel T  sehingga tidak ada yang dilawan olehnya. Dan akibat dari sel T ini adalah reaksi alergi. Ada juga yang menganggap ketika seseorang banyak berinteraksi dengan lingkungan dengan bakteri maka semakin kecil resiko alergi padnya (bisa dilihat dalam snsiklopedia anak).

Salah satu hal-hal yang yang sering diperbincangkan oleh orang tua adalah bagaimana membersihkan botol atau dot bayi?lihat bagaimana cara menggunakan dot bayi
Kapan kita harus menseterilkan/ membersihkan botol dot bayi?  Sebelum anda membersihkan botol/ dot maka siapkan peralatan dibawah ini:

a.    Larutan penyeteril
b.    2. Dot yang an dibersihkan
c.    Sikat
d.    Air panas matang
e.    Microwave
f.    Seteril uap listrik

1.    Membersihkan dengan teliti – gunakan mesin pencuci piring dishwaser jika anda punya. Apabila sudah lama sampai susu melekat dan lengket maka bersihkan botol atau dot dengan sikat bolak-balik dengan teliti. Digosok sampai bersih, setelah itu masukkan air panas yang sudah matang kedalam botol agar kuman – kuman yang tersisia hilang. 

2.    Simpan dengan benar,  ketika sudah selesei mencuci jangan tempatkan botol dot di sembarang tempat, letakkan di tempat yang bersih jauh dari debudan tempat kotor.. andaabisa menyimpannya  dalam kulkas atau dibungkus dengan plastic. 

3.    Alat penseteril uap listrik: alat untuk menciptakan uap dan juga dapat menseterilkan perangkat menyusui.

4.    Microwave sterilizer: alat ini mempunyai tempat untuk air dan di  dasarnya dan rak dasarya untuk botol dan seuah tutup. Ketika alat ini dipanaskan dapat membentuk uap yang dapat menseterilkan isisnya. Anda juga bisa membeli kantong sterilsasi yang di dapat di microafe. Jenis ini mudah digunakan dalam bepergian.
5.    Memdidihkan :  anda dapat menseterilkan dengan cara mendidihkan dot atau botol kedalam panic yang sudah dipanaskan kurang lebih selama 10 menit. Akat tetapi dengan cara inidot atau botol yang diseterilkan akan lebih cepat rusak.

Demikian  5 cara membersihkan atau mensetrilkan botol dot susu pada bayi. semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar