Solusi Merawat Bayi Anda

Selasa, 23 Mei 2017

LAKUKAN TIPS INI DAN LIHATLAH! MANFAAT BESAR ORANG TUA MENGAJAK BAYI NGOBROL UNTUK PERKEMBANGANNYA
LAKUKAN TIPS INI DAN LIHATLAH! MANFAAT BESAR ORANG TUA MENGAJAK BAYI NGOBROL UNTUK PERKEMBANGANNYA..

MANFAAT BESAR ORANG TUA MENGAJAK BAYI NGOBROL UNTUK PERKEMBANGANNYA.

Dalam beberapa penelitian untuk memperoleh perkembangan yang maksimal pada bayi dalam meningkatkan bicara, bahasa dan kosa-kata maka orang tua harus berperan aktif dan sering mengajak ngobrol anak, dan ini sangat berbeda hasilnya ketika orang tua jarang mengajak komunikasi verbal dengan anaknya. Karena ternyata bayi yang sering diajak komunikasi akan menambah IQ lebih tinggi.
 Siapa yang tidak mau IQ anaknya tinggi? Sudah pasti setiap orang tua pasti ingin tahu perkembangan anaknya yang terbaik. Maka dari itu Ada beberapa hal yang anda harus lakukan agar si Bayi bisa cepat ngomong. Walau dalam masalah ini perkembangan setiap bayi itu berbeda-beda tetapi tidak ada alasan bagi orang tua untuk tidak mencoba langkah-langkah jitu agar si buah hatinya bisa lebih cepat bicara. Ada bebarapa hal yang orang tua harus tahu dalam perkembangan.
Mulailah Mengenalkan Nama keluarga.
Dalam memulai komunikasi dengan mengajak bicara bayi, maka mulailah ketika masih dalam kandungan, dengan tujuan agar bayi terbiasa mendengar suara orang tuanya. Lakukan dengan terus menerus, memanggil nama calon buah hati anda, dan membicarakan cita-cita orang tua, harapan orang tua ketika nanti lahir, Cobalah luangkan waktu dan berbicaralah dengannya sesering mungkin ketika masih ada dalam kandungan.
Mulai 0-6 bulan, awalnya memang tangisan merupakan alat komunikasi pertama pada bayi baru lahir, maka responlah dengan kata-kata mulailah mengaajak bicara yang mungkin sekiranya bisa menenangkan si bayi. cara mengajak bicara yang lain saat menggendong,dengan menunjukkan isyarat dan mengajarinya nama-nama benda disekitarnya.  bisa juga dengan dengan bercerita yang lucu dengan ekspresi wajah yang lucu dan menggelitik agar bayi bisa tertawa, itu juga bisa memahamkan si bayi dengan ekspresi. Hal lain yang bisa dilakukandengan  mengenalkan orang-orang terdekat dari keluarga dengan bahasa yang ringan dan ringkas dahulu supaya mudah difahami oleh bayi . Lalu setelah itu Mengenalkan orang-orang terdekat terlebih dahulu ddengan memanggil, Ayah, ibu, kakek, nenek, adek, mas, dan lain sebagainya. Dengan terus mengulang tiap hari maka lama kelamaan si bayi akan memahami dan membedakan mana ibunya, ayahnya, dan akhirnya bisa membedakan orang satu dan yang lainnya. Dalam usia ini bayi sudah bisa membunyikan satu huruf vocal missal “ee”atau aa..“ terdengar apabila diajak ngomong oleh bunya. Walaupun si bayi belum bisa mengikuti dengan sempurna paling tidak dalam perkembangan ini bayi melihat gerak bibir orang yang mengajak bicaranya dengan jelas. Dengan harapan ketika bayi sudah terbiasa mendengar dan melihat bagaimana bunyi diucapkan, nanti ia akan lebih mudah untuk meniru kata-kata yang diucapkannya.
Jangan lupa dengan gerakan.
Ngomong bersama Bayi dengan gerakan atau isyarat  ternyata itu juga bisa mempercepat perkembangan bicara pada bayi. Sebagai contoh, cobalah ketika mengajak makan bayi dengan menggerakkan makan kemulut seperti halnya orang makan itu, maka bayi lama-lama akan merespon dan mengetahui dengan gerakan seperti itu berarti itu sedang makan. Atau sudah waktunya tidur maka orang tua mengajak bayinya “Ayo nak tidur !”dengan mengisyaratkan tangannya seperti orang tidur maka bayi akan meresponnya. Itulo yang “dikatakan tidur” dan lama kelamaan bayi akan memahami maksud dari orang tuanya tersebut.
Baca juga: hal-hal yang harus dalam perkembangan bicara pada Bayi mulai dari 0-18 Bulan.
Jangan malas untuk menanggapi ocehannya
Kita tahu ketika sikecil seringkali mengeluarkan kata yang tidak jelas dari mulutnya, jangan anda diam saja, balaslah ocehan tersebut,anda bisa berpura-pura menanyakan kata-kata yang keluar dari mulutnya, atau bisa sambil tertawa dan tersenyum. Dengan kita balasannya maka perhatikan bayi akan melihat gerak mulut, dan ekspersi kita sangat penting dalam perkembangannya. Dan jangan sampai membiarkannya tanpa memberikan respon balik kepadanya. Karena itulah yang menjadi proses perangkaian kata pada bayi.
Intonasi Haruslah jelas, jangan meniru pelafalan ucapan seperti ucapan bayi.
 
Berdasarkan beberapa pengalaman dilingkungan ada beberapa orang tua yang mengikuti ucapan sebagaimana ucapan yang bayi keluarkan namun dikemudian hari anaksudah beranjak besar masih saja belum sempurna ucapannya (belum teteh) kata orang jawa. Maka jangan dicedalkan ketika mengajarkan pelaalan kata pada bayi, ajarilah seperti layaknya anak yang sudah fasih ngomongnya.
Ajari dengan kalimat-kalimat yang pedek dengan sering mengulanginya.

Diantara kiat agar bayi kita memperoleh kosa kata yang banyak ajaklah bicara sebanyak-banyaknya. Memang panca indra pada balita butuh latihan dan sementara yang bisa digunakan untuk alat komunikasi adalah telinganya. Maka lewat mendengarkan dengan kalimat yang sederhana dan diulang-ulang akan lebih baik, dan lebih efisien untuk perkembangannya.
Demikian bebrapa poin penting tips yang harus dilakukan dan manfaat mengajak bayi ngobrol untuk perkembangannya. Singkat cerita dan kesimpulan artikel diatas:
a.bahwa  bayi akan meniru dan melakuakan apa yang dia lihat , 
b.Bayi  mengucapkan apa yang dia dengar sehingga perbanyaklah berkomunikasi dan 
c.Ajarilah  nama-nama benda, orang yang berada didekatnya 
d.dengan pengucapan dan intonasi yang pas sesuai dengan bahasa yang sebenarnya. 
e.Maka kemungkinan besar anak kita akan cepat berbicara dan cepat berkomukasi dengan anggota keluarganya. Semoga bermanfaat 

Hal yang harus dalam perkembangan bicara pada Bayi mulai dari 0-18 Bulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar