Kandungan ASI yang sangat banyak kandungan gizi dan cara meningkatkan volume ASI.

iklan terkait

Kandungan ASI yang sangat banyak kandungan gizi dan cara meningkatkan volume ASI...

Sebagai orang tua yang cerdas kita harus tau bahwa ASI merupakan makanan bayi yang sangat kaya akan gizi. Karena Ada hal penting yang perlu kita tahu agar tidak melewatkan gizi yang sangat dibutuhkan bayi.
Kita tahu Pada awal melahirkan, para ibu akan mengetahui air susu yangberwarna putih,  didalamnya mengandung sedikit protein sekitar 1% dengan kolostrum. Tapi dalam kolostrum itu sendiri banyak mengandung protein sekitar 16 %.

KOMPOSISI
SATUAN
ASI
Energy
kkal
70
Air
g
89,7
Protein
g
1,07
Rasio kasein: whey

1: 1,5
lemak
g
4,2
Laktosa
g
7,4
Vitamin A (Retinol )
ug
60
Beta-karoten
ug
0
Larut dalam air
ug
0,80
Vitamin D
ug
0,01
Vitamin c
mg
3,8
Tiamin (vit B1)
mg
0,02
Riboflavin (vit B2)
mg
0,03
Niasin
mg
0,62
Vitamin B 12
ug
0,01
Folasin (Asam folat)
ug
5,2
Kalsium (Ca)
ug
35
Besi  (Fe)
mg
0,08
Tembaga  (Cu)
ug
39
Seng (Zn)
ug
295




Sekilas Dalam kandungan gizi pada ASI
Seorang ibu harus banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi, apabila tidak banyak menkonsumsi makanan yang bergizi, atau kekurangan gizi, maka kurang lebih jumlah susu yang diproduksi dalam sehari selama 6 bulan pertama mencapai 500-700 ml.
Bayi yang baru lahir sebetulnya sudah ada zat antibody untuk melindungi penyakit yang menyerangnya, terutama pada usia 4-6 bulan. Sudah terbukti bahwa bayi yang diberikan ASI lebih terjaga dari serangan penyakit, daripada bayi yang tidak diberikan ASI atau diberi susu formula. Karena asi lebih bersih, dan seteril, terdapat juga imunologbulin, terutama immunoglobulin A (IgA) lebih banyak terdapat dalam ASI, protein yang mengikat zzat besi agar tidak dimanfaatkan bakteri usus yang berbahaya, enzzim lisozzim suatu enzzim yang terdapat dalam ASI ribuan kali lebih tinggi daripada dalam susu sapi, terdapat sel darah Putih terutama dua minggu pertama ASI mengandung 4000 sel darah putih perliter, factor bifidusSuatu karbohidrat yang mengandung nitrogen, yang diperlukan pertumbuhan bakteri lactobacillus bifidus.

Bagaimana cara ameningkatkan volume ASI.

Pada masa kehamilan,   payudara membesar 2-3 kali dari ukuran normal, ada juga peningkatan pada saluran air susu dan tempat reproduksi susu. Ada beberapa factor
Pertama, refleks produksi air susu, pada saat bayi menghisap puting payu dara akan diproduksi hormone prolaktin yang mengatur sel-sel alfeolli memprodoksi susu.
Kedua refleks mengeluarkan, pada isapan bayi merangsang oktisotin yang membuat sel-sel otot alveoli berkontraksi dan mendorong air susu menuju putting.
Pada awalnya memang sulit untuk mengeluarkan asi, mungkin karena beberapa hal, sakit pada putingnya , kelaelahan, setres dan lain sebagainya.

Lalu tidak lama setelah proses kelahiran sang bayi, ASI yang diproduksi agak kental dan berwarna kekuning-kuningan yang biasa disebut kolostrum.  Kolostrum ini harus segera diberikan kepada bayi saat setelah kelahirannya,karena mempunyai gizi tinggi yang terdapat zat anti bodi didalamnya. Sehingga bayi terhindar dari penyakit-penyakit.

Pada hari kedua produksi ASI 100 ml, jumlah ini bisa berkurang tergantung dari kesehatan Ibu. Adapun peningkatan minggu pertama sampai 500 ml. selama bebrapa bulan berikutnya bayi yang sehat mampu mengkonsumsi ASI  sekitar 700-800 ml setiap Hari.


Konsumsi ASi dalam sehari berbedabeda. Dan bukan jaminan yang memmiliki Payudara besar dapat memproduksi ASI banyak. Pengaruh jumlah ASi itu terletak Pada gizi yang koonsumsi oleh sang Ibu. Jika ASI prodduksinya berkurang berangsur-angsur maka besar kemungkinan gizi yang dikonsumsi ibu kerang jumlahnya. Dan jika ASi sedikit akan berakibat fatal padad bayi anda. Maka berilah ASI yang cukup pada bayi yang normal sampai berumur 6 bulan.

Related Posts:

0 Response to "Kandungan ASI yang sangat banyak kandungan gizi dan cara meningkatkan volume ASI."

Posting Komentar