BAGAIMANA CARA MENANAM KAN NILAI-NILAI DAN KEPERCAYAAN ANAK ANDA?

iklan terkait

BAGAIMANA CARA MENANAM KAN NILAI-NILAI DAN KEPERCAYAAN ANAK ANDA?..
Ada banyak sekali pengaruh pengaruh yang dapat memberikan perubahan terhadap perkembangan tingkah laku atau diantaranya adalah aspek-aspek sosial lainnya seperti budaya dan agama. I budaya dan agama setujukah merupakan bagian dari masuknya perubahan yang mempengaruhi dalam perkembangan tingkah laku anak. Walaupun pikiran dan pendapat anda bisa merubah tingkah laku anak tapi selayaknya anda juga harus memperkenalkan nilai-nilai sosial budaya dan kepercayaan.

Dengan memahami nilai-nilai budaya dan agama yang ada dalam kehidupan anak, anda akan dapat lebih mudah memahaminya. Pengaruh budaya yang tidak berhubungan dengan keyakinan dan pola pikir orang tua dan latar belakang teknis setiap yang di es memiliki sistem keyakinan tersendiri yang sangat berperan dalam membentuk tingkah laku anak.

NILAI-NILAI BUDAYA YANG HARUS ANDA FAHMI.

Lihat di tempat sekitar anak anda dibesarkan itu dapat dijelaskan sebagai pola pikir dan keyakinan yang dalam oleh sosok salsa utama dalam kehidupan anda. Contohnya pada mungkin sangat meyakini konsep saling menghargai sama manusia atau kalau kekerasan fisik antara anak tidak bisa di toleransi ada ada akan menyerap hal tersebut dan membentuk pandangan sendiri akan dunia yang merefleksikan yang lain oleh tersebut.

Ananda dapat mengalami kesulitan menyesuaikan diri jika nilai-nilai budaya dalam kehidupannya baik yang didapat dari orangtuanya maupun dari sistem keyakinan budaya yang luas yang berhubungan dengan latar belakang suku tidak sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam dunianya sehari-hari misalnya anak terbiasa diajari menyelesaikan konflik dengan diskusi ketimbang kekerasan akan menghadapi perjuangan berat jika dihadapkan pada seorang anak yang memiliki kebiasaan yang bertolak belakang Tugas anda adalah membantunya untuk berbaur dengan dunia luar dengan tetap Memegang teguh nilai-nilai yang dianut keluarga ini adalah suatu hal yang tidak mudah.

NILAI AGAMA YANG HARUS ANDA TANAMKAN.

Anak pada dasarnya sangat mudah percaya dan pada umumnya merasa nyaman dengan konsep keberadaan sesuatu hal yang menyayangi dan menjaganya setiap saat. Anak yang masih kecil sering sekali mengekspresikan kepercayaan agamanya yang diajarkan kedua orang tuanya dengan penuh keyakinan. Keragu-raguan adalah hal yang tidak lazim pada anak kecil karena itu agama yang anda anut akan sangat mudah diajarkan pada si kecil tidak peduli apapun Agama anda. Jika agama berperan penting dalam kehidupan Anda anak akan terpesona dan ingin selalu mengambil bagian dalam ritual agama yang Anda lakukan misalnya ia akan begitu menantikan saat-saat Ketika anda mengunjungi tempat peribadatan dan melakukan acara ritual yang berhubungan dengan hari besar keagamaan apalagi jika hari besar itu dirayakan oleh seluruh anggota keluarga lainnya.

Dasar Agama anda tidak terlalu kuat anak Anda akan sangat senang jika diikutsertakan dalam acara keagamaan bersama anda Kertagama pada usia dini dapat menjadi dasar yang baik bagi sebuah komitmen seumur hidup.

Pahamilah penting bagi anda untuk memahami berbagai dimensi kebudayaan yang ada dalam kehidupan anak Cobalah berpikir tentang diri sendiri secara Tuliskan tiga nilai yang anda percaya dalam mendidik anak anda mungkin bisa menuliskan seorang anak perlu mendapatkan kasih sayang seorang anak tidak boleh dibuka dan seorang anak harus diberitahu secara halus oleh orang dewasa anda akan kaget melihat betapa erat hubungan antara tingkah laku anak anda dengan nilai-nilai tersebut.

5 tips penting yang harus anda ketahui.

Ajarkan anak latar belakang budayanya.

Ya kan menarik manfaat dari pemahamannya akan masa lalu hal ini memberi kesempatan baginya untuk mengenakan asal-usulnya dan memberikan arah untuk masa yang akan datang.

Beri penjelasan mengenai ritual keagamaan.

Selain mengajaknya ikut melakukan ritual keagamaan Jelaskan makna ritual tersebut padanya agar ia dapat memahaminya dengan baik. Pria rasa percaya diri akan budayanya. Siapkan dirinya Bahwa saat ia berbaur dengan anak-anak lain ia akan menghadapi beberapa tantangan terhadap nilai-nilainya turunnya untuk merasa bangga dan nilai-nilai yang diyakini.

Perluas pengetahuannya.

Tidak cukup bagi anda untuk hanya menerima dan menghargai nilai-nilai nya sendiri juga harus menghargai kebudayaan orang lain cobalah memperluas pikirannya untuk diskusi dan penjelasan-penjelasan.

Berilah ia pujian saat ia berpegang teguh pada nilai-nilai budayanya. 

Tunjukkan bahwa anda sangat bangga karena ia berpegang teguh pada nilai-nilai nya saat anak-anak yang lain memaksanya untuk berlaku sebaliknya perlu keberanian extra untuk bisa melakukan hal tersebut.


Demikian adalah penjelasan tentang hal-hal yang harus anda ketahui cara menanamkan nilai kepercayaan dan nilai sosial anak anda.

Related Posts:

0 Response to "BAGAIMANA CARA MENANAM KAN NILAI-NILAI DAN KEPERCAYAAN ANAK ANDA?"

Posting Komentar